Selasa, 23 Oktober 2018

BEGINILAH LANGKAH AWAL BERTERNAK LEBAH BAGI PEMULA


CARA BERTERNAK LEBAH MADU UNTUK PEMULA




Lebah madu adalah hewan yang memiliki banyak manfaat. Tapi sebagian besar orang hanya mampu menikmati tanpa tahu cara bagaimana memproduksi madu. Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana berternak lebah bagi pemula.


1.     Modal Awal.



Ini adalah hal pertama yang wajib anda ketahui sebelum menjadi peternak lebah. Setiap usaha pasti membutuhkan modal. Anda harus tahu berapa kira- kira modal yang anda butuhkan untuk memulai bisnis ini. Jika anda kurang pengalaman dalam masalah modal, anda bisa tanyakan pada orang yang sudah lama bergelut di bidang ini. Atau bisa juga tanya mbah google. Untuk mempermudah anda kami menyediakan juga sesi tanya jawab untuk masalah ini. Anda bisa menghubungi 085726299078.



2.     Perlengkapan.



Peran modal sangatlah penting. Salah satunya untuk melengkapi perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Biasanya untuk pemula, perlengkapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

-         Papan kayu dengan diameter sekitar 3 cm. Anda bisa menggunakan kayu mahoni atau kayu suren.

-         Jika anda tidak mendapatkan kayu untuk dijadikan sarang, anda bisa menggunakan bamboo.

-         Alat pengasap, digunakan untuk menjinakkan lebah yang agresif. Karena lebah sangat lemah pada asap.

-         Pakaian pelindung. Pakaian ini biasanya digunakan ketika sedang memanen madu. Maka harus tertutup dari kepala sampai ujung kaki tanpa lubang sedikitpun.



3.     Lingkungan.



Ini juga hal yang perlu anda perhatikan. Karena bisa- bisa lebah anda mati atau pindah tempat jika lingkungan yang anda tempati tidak mendukung.
-         Suhu ideal untuk lebah kurang lebih 25 derajat celcius.

-         Cari tempat lapang yang jauh dari keramaian. Hal ini dikarenakan lebah tidak bisa hidup di tempat yang ramai. Selain itu, hal ini juga bisa berbahaya untuk orang- orang sekitar jika tersengat lebah.

-         Cari juga tempat yang dekat dengan kebun bunga. Maksimal jarak penangkaran dengan taman bunga adalah 2 km.

-         Utamakan tempat penangkaran yang benar- benar pas suhunya. Agar lebah tidak mati.

BACA JUGA:Ketika Madu Dimanfaatkan, Beginilah Jadinya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar